Banyak orang yang beranggapan bahwa ikan guppy (atau dahulu sering kita sebut kapi-kapi) itu adalah ikan liar yang berserakan di selokan-selokan depan rumah ataupun sungai-sungai kecil. Hal itu wajar saja, karna keterbatasan pengetahuan orang-orang tersebut hanya sebatas ruang lingkup di sekitar tempat tinggal ataupun lokal. Namun di luar negri, ikan guppy sangatlah populer. Bahkan harganya sangatlah fantastis.

Sebenarnya, di Indonesia sudah banyak para peternak yang memproduksi ikan guppy. Hanya saja karna ketebatasan ruang lingkup pasar di dalam negri, hanya sebagian kecil orang yang tahu dan memeliharanya. Tapi sejak 2013 pasar guppy mampu berkembang dengan pesat melalui sistem penjualan Online. 

Jujur, ane sendiri baru beberapa bulan mengeluti bisnis ini dan sudah banyak merasakan nikmat dari bisnis guppy ini. Untuk nominal keuntungan mungkin bisa dibilang 1jt rupiah per minggu. Mantap bukan!!

Mungkin karna basic ane adalah hobby dalam beternak menjadikan ane sangat suka dan tidak merasa bosan dalam beternak guppy. Sebelumnya ane ternak ikan cupang hias, hanya saja membutuhkan kolam2 besar untuk pembesaran, belum lagi ikan cupang harus makan pakan hidup (kutu air, jentik, cacing sutra) yang bisa aja stock pakan hidup tersebut kosong dikarnakan cuaca yang kurang mendukung.

Budidaya guppy itu simple sekali. Bahkan pemulapun bisa memulai dengan hanya membaca panduan ini. Tidak banyak yang harus kita persiapkan, hanya ada 6 hal penting yang harus kita persiapkan. Ane saja dulu banyak mengunakan aquarium bekas ukuran 50x30cm dan 2 buah baskom hitam. Dan sekarang ane sudah ada 50 aquarium ikan yang baru bagus dan rapi.

Bila ditanya seberapa besar peluang guppy ini, ane berani menjawab "SANGAT BESAR". Kenapa? Karna banyak sekali permintaan khususnya dari daerah-daerah ibu kota dan kota-kota besar lainnya. Dan juga perkembangan ikan guppy ini sangatlah cepat.

Jadi jangan banyak bertanya lagi, lebih baik lihat-lihat dahulu dan coba-coba pelajari terlebih dahulu. Siapa tahu rizki agan-agan disini.heehee





Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.